Monday, January 29, 2007

Named-Based Virtual Host

Metode yang digunakan oleh web server seperti Apache Web Server untuk me-manage hosting lebih dari 1 nama domain disebuah server, ini lah definisi umum dari virtual host.

Ada 2 metode utama yang dipakai oleh web server dalam kerangka virtualisasi host ini, yaitu named-based & ip-based.

Named-Based method adalah metode yang menggunakan banyak host name untuk sebuah ip address, syarat penggunaan metode Named-Based ini adalah DNS atau Domain Name Server sebuah server harus berjalan dengan baik. Sementara IP-Based adalah metode yang mengarahkan setiap situs (nama domain) ke 1 IP address yang unik, syaratnya webserver harus mempunyai banyak physical network interfaces (Network Card) atau harus diimplementasikan virtual network interface atau multiple IP address di 1 physical network interface. Selengkapnya mengenai ini bisa dilihat di http://httpd.apache.org/docs/1.3/vhosts/

Keduanya cukup populer didunia per-server-an di internet. Bagaimana mengimplemntasikan metode Named-Based Virtual Host? berikut bahasannya:
  1. Untuk kemudahan administrasi, sebaiknya dibuat sebuah file baru dengan nama vhost.conf atau apa saja terserah anda.
  2. Arahakan Web Server (dalam contoh ini Apache Web Server) untuk membaca vhost.conf nya melalui modifikasi di httpd.conf nya (biasanya dibagian paling bawah dari httpd.conf).
  3. Jika dirasa ribet, udah modif saja httpd.conf untuk menambahkan virtual host nya!
  4. Buat satu file log untuk setiap domain yang akan ditambahkan di virtual host anda,misal untuk domain 12345.com, lognya adalah 12345.log untuk domain 6789.net lognya adalah 6789.log, dst.
  5. Buka file httpd.conf atau vhost.conf nya kemudian isikan code berikut:
    1. Konfigurasi untuk IP server:



    2. Konfigurasi Untuk Domain Pertama:



      Catatan: semua nama domain yang ditulis di Server Name & Server Alias harus diarahkan ke Name Server (NS) yang dimiliki oleh Server anda.

    3. Konfigurasi Untuk Sub Domian Pertama Di Nama Domain Pertama:



    4. Konfigurasi Untuk Domain Kedua:



      Catatan: semua nama domain yang ditulis di Server Name & Server Alias harus diarahkan ke Name Server (NS) yang dimiliki oleh Server anda.

    5. Dan selajutnya.

No comments: