Tuesday, January 9, 2007

SDLC

Website, menjadi barang yang paling menarik sejak kehadiran internet (diluar Chatting tentunya :-)). Apakah Website itu? ada banyak definisi tentangnya, yang jelas website adalah sebuah rumah di internet, sebuah media promosi elektronik, sebuah pusat layanan informasi non-stop 24 jam, lebih jauh dengan adanya aplikasi Virtual Office di dalamnya diharapkan proses kerja yang menyangkut pengiriman & pelaporan dokumen serta proses komunikasi berjalan lebih lancar karenanya.

Ingin memiliki website? buat sebagia orang : "Ga usah lah, buat apa?", buat sebagian lagi: "Kita harus punya agar image kita menjadi lebih baik!", buat sebagian orang lagi: "Dijaman seperti sekarang, jika kita tidak mempunyai nya, maka sama artinya dengan ketinggalan kereta!".

Buat orang yang ingin mememilikinya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat membangun sebuah website, sebab pada dasarnya sebuah website adalah sebuah sistem software, jadi proses pengembangannya dijamin akan selalu terikat pada apayang dinamakan SDLC. SDLC adalah System Development Life Cycle, yang sederhananya adalah tahapan - tahapan pengembangan sistem. apa saja tahapannya?
  1. Identification, yaitu proses mengidentifikasi kebutuhan! apa saja yang diinginkan dengan memiliki sebuah website? tentunya hal ini berkaitan dengan fasilitas - fasilitas yang ada ddalam website yang akan dibangun itu sendiri.
  2. Analysis, proses menganalisa kebutuhan, proses menganalisa fasilitas - fasilitas apa saja yang diinginkan dalam web yang akan dibangun tersebut, berdasarkan proses Identification.
  3. Design, yaitu proses perancangan sistem yang akan dibangun baik itu dari sisi desain layout atau tampilan (nilai artistik & estetika nya) ataupun dari sisi teknis seperti database dan aplikasi atau fasilitas yang akan menjadi bagiannya, berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
  4. Implementation, yaitu proses development, proses meng-implemntasi design yang telah dibuat.
  5. Testing & Documentation, adalah proses penge-test-an hasil development dan proses mendokumentasikan apa yang telah dibuat.

Jangan lupa bahwa pada saat proses testing ini, kadang kala muncul hal - hal yang tidak kita inginkan, seperti error dan lain lain, juga kadang ada permintaan untuk menambah atau mengubah sesuatu! Nah proses ini akan bisa kita lalui secara baik jika kita kembali merujuk pada tahapan - tahapan pengembangan sistem diatas.

Ribet? ga juga tuch....coba aja jalanin... kadang tanpa sadar semua tahapan itu telah kita lalui.
Perlu diperhatikan pula (khusus untuk para developer) bahwa ada kebiasaan disebagian masyarakat yang ingin membangun sebuah sistem, pada awalnya mereka tidak punya konsep akan seperti apa sistem yang akan dibangun tersebut, mereka hanya tahu, saya ingin ada A disana, saya ingin B bisa jalan disana, ketika ditanya konsep nya secara komprehensif, yang ada malah bingung! tetapi setelah sistem itu jadi, nah mulailah... saya pingin si A ini bisa jungkir balik! saya pingin B bisa melompat, saya ingin ada C, D, E, F, G, H sebab ini penting! Buruknya lagi, setelah berbagai fasilitas dibuat, "Gw Ga Bisa Makenya!".

Dengan tetap berpegang pada SDLC, mudah - mudahan semua masalah dalam pembangunan sistem (terutama sistem web) tersebut bisa diatasi dengan baik! Amien.

2 comments:

dwesty said...

maaf...
saya mahasiswa sedang mendapatkan tugas mencari mengenai sdlc yang ada dalam sebuah perusahaan.
saya disuruh mencari hardware, software, user database, prosedure, dan sistem yang dipakai dalam perusahaan yang berhubungan dengan tahap pengembangan sistem.
Untuk itu saya mohon untuk boleh menggunakan sistem yang dipakai perusahaan anda.
Bisakah anda menjelaskan sdlc yang dipakai oleh perusahaan anda?
mohon jawabannya di bananafruts@yahoo.co.id
mohon segera jawabannya karena tangal 27 febuari sudah harus dikumpulkan.
Terima kasih
Dwesty

Whisnu Budhysantika said...

hallo Dwesty.. aduh mohon maaf sekali saya baru baca comment nya dan kebetulan sekarang udah tanggl 28 Februari.. dah telat ya? SDLC yang diterapkan diperusahaan saya sama seprti yang sudah saya tulis.. mulai dari proses identifikasi sampai dokumentasi baik itu dokumen teknis ataupun manual.. ga ada yang spesial ko :-)