Friday, December 29, 2006

PHP - MySQL 5

Saat ini PHP (Pre Hypertext Processor atau Personal Home Page Tool - http://www.php.net/) telah mengeluarkan versi 5, demikian juga dengan MySQL (http://www.mysql.com/), yang merupakan pasangan sejatinya :-), juga telah mengeluarkan versi MySQL terbarunya yaitu versi 5.

Dalam melakukan pemrograman PHP - MySQL, terkadang kita menemui kesulitan saat melakukan koneksi ke MySQL terbaru yaitu versi 5. Koneksi ke MySQL 5 tidak semudah koneksi ke MySQL versi sebelumnya, yang cukup dengan menginstall keduanya, lantas membuat test kode koneksi seperti :



Tetapi jika menggunakan MySQL versi 5 ini, test koneksi seperti diatas tidak akan berjalan mulus, ini disebabkan oleh tipe enkripsi User Database Password dari MySQL 5 yang berbeda dengan MySQL sebelumnya.

Agar test koneksi diatas bisa berjalan baik, terlebih dahulu kita harus mengubah tipe enkripsi User Database Password dari MySQL 5, caranya adalah :
  1. Jika kita menggunakan Microsoft Operating System, maka kita harus masuk ke command prompt, kemudian masuk ke Program Files/MySQL/bin, login kedalam mysql dengan menuliskan command: mysql -u NamaUser -p, kemudian masukan Password MySQL nya, setelah berhasil login ke MySQL, lakukan perintah SQL ini:
    mysql> UPDATE mysql.user SET Password = OLD_PASSWORD('newPasswordAnda') WHERE Host = 'some_host' AND User = 'some_user';
    mysql> FLUSH PRIVILEGES;
  2. Jika anda menggunakan Unix Like Operating System, carilah dimana directory tempat MySQL berada, kemudian lakukan hal yang sama.

No comments: